Jangan Asal Buat Film! Ikuti Tahap Tahapannya - Blognya Abang Ilham Jangan Asal Buat Film! Ikuti Tahap Tahapannya - Blognya Abang Ilham

Post Page Advertisement [Top]


Haloooo semua, saya ucapkan selamat datang bagi kalian yang baru pertama kali berkunjung ke blog saya. Nama saya Ilham dan beberapa bulan kemarin, sekolah saya kedatangan tamu dari Universitas Mercubuana, Jakarta. Mereka memberikan workshop di kelas kami mengenai pembuatan film. Tepat sekali, daripada hanya kelas saya aja yang dapat Ilmu, lebih baik saya tebar lagi biar lebih banyak yang tau, hehe.

Secara umum, pembuatan video mempunyai tiga tahap di antaranya:
PraProduksi, Produksi, dan yang terakhir adalah Pasca Produksi. Dari ketiga tahap ini, ada beberapa orang yang mengatur/memiliki tugas. Mereka akan bekerjasama agar suksesnya film yang mereka buat.

Praproduksi sendiri, lebih mengartikan ke dalam persiapan, konsep, penyusunan. Orang yang terlibat di dalamnya adalah: Produser, Penulis, Soundman, Editor, Sutradara, dan Director Of Photography(D.O.P.).



Produksi, pembuatan secara langsung turun ke lapangan, seperti merekam video atau audio, jalan survei ke lokasi, dsb. Biasanya di dalam produksi ini, Photographer dan Aktor yang akan berperan penting.




Pascaproduksi. Pasca, memiliki arti sesudah, namun kalimat ini harus digabung menjdai Pascaproduksi, yap. Artinya sesudah produksi. Dalam tahap ini, akan dilakukan penyatuan footage ke dalam aplikasi pengolah video, pengeditan, dan mengubah file mentah menjadi format video.



Yap, jadi di atas adalah tahap-tahap dalam membuat film agar film tersebut mudah menyampaikan pesan, suara dan aksi juga terlihat jelas. Jadi, jangan coba-coba asal untuk membuat film, ya! Kenali terlebih teorinya.

Okeey, terimakasih dan sampai di sini! Bertemu lagi di lain waktu dan konten baru. Saya Ilham, dan selamat tinggal.

1 comment:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]