Jangan sampai salah pilih jurusan, Ini Dia Pelajaran Kelas 10 Jurusan Multimedia! - Blognya Abang Ilham Jangan sampai salah pilih jurusan, Ini Dia Pelajaran Kelas 10 Jurusan Multimedia! - Blognya Abang Ilham

Post Page Advertisement [Top]


Haii semua, selamat datang kembali di blog saya. Akhir-akhir ini saya sering berbincang tentang Pendidikan, ya hehe. Juga, untuk kali ini, masih di Pendidikan. Kalian siswa kelas tiga SMP yang akan menempuh jenjang SMK? Secara umum, pasti sebagian besar dari kalian belum sama sekali mengetahui apa-apa yang akan dipelajari selama tiga tahun di SMK, benarkan? Kecuali untuk kalian yang mempunyai saudara yang berada di jenjang tersebut.


Saya Ilham, siswa semester empat di salah satu SMK Negeri di Kota Bekasi, salam kenal. Sebelumnya, saya sendiri juga gak tau tentang kompetensi dasar yang akan dipelajari di sana, terutama untuk yang kelas 10nya. Berhubung saya sudah kelas dua, saya bisa memberi suatu pendapat nih. Sekolah saya menggunakan kurikulum 2013, yang versi revisi, kalian bisa mencari referensi lain.

Saya mengira, selama saya sekolah di sana dan tiga tahun itu dipakai full untuk teori dan praktek di jurusan itu-itu aja, ternyata nggak. Saya awalnya agak sedikit kaget dan minder, saya hanya menguasai bidang yang saya tekuni, tapi kenapa ada semua bidang di sini? Jadi, untuk kompetensi dasar di kelas 10 Program Didikan Teknologi Informatika dan Komputer itu adalah: Pemograman Dasar, Sistem Komputer, Teknik Komputer dan Jaringan Dasar, dan Dasar Desain Grafis. Yap, semua hanya dasar. Saya sendiri siswa jurusan MultiMedia, dan tentunya ketertarikan dan passion saya lebih ke MultiMedia. Tapi, mau gak mau, yaa saya jalani, toh mungkin begini alurnya.

Di bidang Pemograman Dasar, kalian akan diliatih untuk berpikir, menyelesaikan masalah, memahami alur algoritma, dan mengamplikasinya algoritma tersebut menjadi kode program yang utuh untuk menghasilkan aplikasi desktop, maupun mobile.




        Kalau di Sistem Komputer, ini yang paling ngebingungin. Semua mengenai komputer, mengenai komponen serta cara kerjanya akan dipelajari di sini, seringnya sih bilangan binner. Kalau kalian punya temen anak IT, tanya aja bilangan 0 dan 1 identik dengan apa haha.




      Teknik Komputer dan Jaringan Dasar. Ini hanya dasar ya, hehe. Kalian sepenuhnya hanya dituntut untuk mengerti komponen berupa hardware suatu komputer, beserta jaringannya. Tentu ada kompetensi dasar untuk merakit komputer loh, seru!




         Dasar Desain Grafis, nah, ini yang saya fokusi waktu itu! Tapi, karena masih dasar jadi yang akan dipelajari hanya teori sepenuhnya aja ya. Di kompetensi ini, belum fokus menggunakan aplikasi digital seperti Photoshop, Illustrator, dan CorelDRAW. Yang sering dipelajari adalah pembuatan desain menggunakan tangan manual.




       Jadi di atas beberapa dasar kompetensi yang harus kalian pelajari di kelas 10 jika kalian termasuk dalam kelas Informatika dan Komputer. Tentu, kalian harus persiapkan itu  karena pasti ada beberapa mata pelajaran yang mungkin gak kalian suka dan jangan sampai salah memilih.




1 comment:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]