Diterima Magang bareng Wakil Walikota Bekasi! - Blognya Abang Ilham Diterima Magang bareng Wakil Walikota Bekasi! - Blognya Abang Ilham

Post Page Advertisement [Top]


Heyoo! Balik lagi sama gue nih, yang belum kenal, kenalan dulu yuk. Panggil aja Ilham, hehe. Okey, kali ini gue mau sedikit cerita tentang betapa susahnya nyari tempat prakerin atau kerennya itu magang nih, bre hehe.

Sekolah gue udah nentuin waktu untuk prakerin, jadi selebihnya diserahkan ke murid-muridnya dan diberi ketentuan pada tanggal tertentu untuk kembali ke sekolah. Nah, dua bulan sebelum informasi tersebut, gue udah nyari-nyari Industri Kreatif dari internet, terus gue telpon tuh bre. Sampai saat ini, terhitung sembilan perusahaan yang udah gue cari. Sedikit aja nih gue kasih tau, beberapa di antarnya itu perusahaan yang punya nama, bre. Portfolionya udah ada yang mendunia, pokoknya yang udah banyak orang tau. Dengan optimisnya, gue kirim begitu aja CV dan Portfolio gue ke sana dengan harapan besar akan diterima.

Seminggu-duaminggu berlalu. Gak ada kabar bre. Tau ‘kan? Gak diterima tandanya. Wah, gue panik kalau gak bisa PKL di tempat yang relevan sama kompetensi gue, nih. Temen-temen gue pada sibuk juga, bre. Mereka pada nyari-nyari juga, cuma bareng-bareng; gue sendirian, hehe.

Rabu, 21 Nov, tiba-tiba gue dapet informasi dari temen kalau Wakil Walikota Bekasi, Bapak Tri Adhianto membuka program magang untuk anak-anak SMK maupun perguruan tinggi. Beliau bilang, program ini diadakan untuk mengasah SDM kreatif di Kota Bekasi untuk lebih maju lagi dalam kekreativitasannya. Begitu liat pamfletnya, gue buru-buru cari informasinya. Ternyata, itu udah dibuka dari tanggal 7 November, bree. Gak kebayangkan berapa jumlah pendaftar kalau gue ng-apply tanggal 21 itu juga? Dengan bismillah dan rasa optimis yang tinggi, gue tertarik untuk ikut dan langsung mengirim CV serta portofolio tanpa memikirkan kalau rekrutmennya udah selesai atau belum.
(Pamflet dari IG Pak Tri Adhianto.)

Kamis, 22 Nov. Tepat jam sembilan di lab MultiMedia sekolah, ada yang nelpon ke hp gue. Dari nomornya sih, telepon rumah. Duh, bingung gue siapa juga yang mau nelpon gue, hehe. Pas diangkat, ternyata itu dari orang Pemkot Bekasinya. Beliau bilang kalau gue terpilih di tahap seleksi dan dipanggil besoknya untuk Interview. Wah gila. Seneng banget, ternyata ada yang sadar tentang apa-apa yang gue kerjain. Gue lakuin.

Jumat, gue izin gak hadir pembekalan PKL dari tiga perusahaan di sekolah. Gue harus dateng ke gedung Walikota Bekasi untuk interview. Lanjut, gue dah di sana jam setengah delapan dan bertemu langsung dengan HR-nya, Kak Endang. Duduk di ruang tunggu sambil menunggu peserta yang lain, kata penjaganya ada empat orang lagi. Bukan termasuk gue. Lah, kok Cuma lima? Pikir gue. Setengah jam berlalu, kami dikumpulin nih di ruang rapat gitu, bre. Cuma ada lima, isinya anak kuliahan semua gila wkwkw, cuma gue doang yang anak SMK. Pembinanya masuk, namanya Pak Eko. Dia ngejelasin mengenai program-programnya, waktunya, dan benefit. Sekilas, dia bilang kalau kami itu adalah orang-orang terpilih dari 800 calon. Wah, gila. 800 bre! Itu manusia semua?

Akhir cerita, gue ketemu langsung sama Wakil Walikotanya, Bapak Tri Adhianto. Yaa, suatu kebanggaan juga bisa bertemu dengan beliau, hehe. Jadi, beliau bertanya tentang jadwal kami bekerja. Beliau pinta untuk Senin, 26 Nov kami bekerja. Wah, kaget gue dong. Ini interview kok langsung kerja? Terus gue nyela sedikit kalau gue gak bisa langsung terjun di tanggal itu karena ada ulangan. Dirembukin lagi tuh saat itu juga sama anak-anak magang lainnya. Jadi tanggal tiga Desember kami mulai. Yaa, begitu lah. Oiya, satu pesan beliau nih. Beliau ingin, kota Bekasi lebih maju lagi dalam bidang kreatif, informasi, dan konten-kontennya. Anak magang ini sendiri juga pasti diberikan benefit yang cukup untuk bekal nanti setelah lulus dari masa pendidikannya. Sempat diucap, beliau bilang “Lulus nanti, kalian punya kesempatan besar nih mengabdi untuk kota Bekasi, agar lebih maju lagi. Atau jika harus bekerja di perusahaan yang sudah MoU dengan kota Bekasi. Kami senang murid kami bisa bersaing dengan kompetitor lain dalam bidang keahliannya.”

(Foto bersama Pak Tri dan para peserta magang lainnya. Penulis sebelah kiri Pak Tri.)

Salam gue, Ilham. Produktif teruss yaa buat maju suatu instansi tertentu! Kreatif terus! See you on top!

10 comments:

  1. Semangat kak ceritanya memberi motivasi, good luck kak sukses selalu

    ReplyDelete
  2. Wah, terimakasih :). Semangat juga!

    ReplyDelete
  3. Halo kak, mau tanya dong. Kalau magang gitu ada fee nya gak ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halloo, monggo dicek Instagram Wakil Wali Kotanya ya: https://www.instagram.com/mastriadhianto/?hl=id, tertera banyak benefit di sana

      Delete

Bottom Ad [Post Page]