Galau Usai PKL, Inilah Hal-Hal yang Harus Dilakukan Anak SMK Setelah Prakerin - Blognya Abang Ilham Galau Usai PKL, Inilah Hal-Hal yang Harus Dilakukan Anak SMK Setelah Prakerin - Blognya Abang Ilham

Post Page Advertisement [Top]



     PKL atau lebih kerennya sih dibilang magang, menjadi salah satu syarat kelulusan dan pengukuran kompetensi keahlian langsung di dunia industri/usaha untuk anak SMK. Dilaksanakan sekitar semester tiga atau empat, setelah siswa dirasa sudah mengetahui dan paham mengenai kompetensi dasarnya. Setelah dapat pengalaman dan uang jajan, mana bisa tuh anak SMK santai-santai? Coba cek apa-apa yang harus anak SMK lakuin di bawah deh bre.



1.       Menyusun Laporan
Sekian lamanya prakerin, tentu hal paling pertama yang harus dilakukan adalah menyusun laporan. Selain wajib, ini juga menjadi salah satu tanda bahwa murid terkait telah menyelesaikan masa magangnya. Jangan main-main lho sama ini, penulis menyelesaikan laporan sebanyak 56 halaman.
 
2.       Mengejar Materi
Idealnya tiga bulan masa magang, toh tentu yang dipelajari selama tiga bulan penuh itu adalah bagaimana menyelesaikan masalah di dunia kerja, bukan permasalahan aljabar maupun persamaan garis, haha. Makadari itu, sistem kebut materi bakal jadi hal yang paling gak ngenakin bagi anak SMK.
 
3.       Verifikasi
Sama halnya laporan, anak SMK juga harus melaporkan kegiatan secara singkat dengan bantuan visualisasi presentasi. Serta melampirkan form nilai yang sebelumnya diberikan sekolah kepada pihak perusahaan untuk mengetahui value kalian di perusahaan terkait.
 
 
4.       Lunasin Uang Kas
Selama gak di sekolah nih bre, uang kas libur gak? Abis dapet uang kan dari perusahaan, buru-buru gih lunasin, sebelum deptcollector marah-marah hahaa.
 
5.       Organisasi
Sebagai murid aktivis, kembali ke masa-masa aktif akan menjadi salah satu hal yang mungkin sedikit merepotkan. Siapa tau tuh orang perusahaan kontak diem-diem untuk kerjasama project, kan? Rezeki ya gak ada yang tau, tapi organisasi juga harus berjalan ya bre.
 
6.       Fokus SNMPTN
Usai berkontribusi dan mempraktekan kompetensi di industri, sebagai anak SMK wajib untuk mengikuti kegiatan belajar dan mengajar seperti biasa. Kesempatan SNMPTN ini hanya sekali untuk masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes tertulis, jadi belajar yang giat ya kawan kalau mau kuliah!

    Berdasarkan pengalaman, ini yang bisa diberikan tanpa diubah-ubah. Bagi kalian yang ingin melaksanakan prakerin atau PKL, persiapkan diri dan kegiatan di atas dengan baik ya!




3 comments:

  1. mantap artikelnya semua sudah pernah saya alamin tinggal nikamati kehidupan sebenarnya

    ReplyDelete
  2. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]