Kuliah atau kerja? Peluang Anak SMK Lulus SNMPTN di Prodi Seni dan Desain - Blognya Abang Ilham Kuliah atau kerja? Peluang Anak SMK Lulus SNMPTN di Prodi Seni dan Desain - Blognya Abang Ilham

Post Page Advertisement [Top]


     Halo semuanya, lama gak bicang-bincang lagi nih hehe. Alhamdulillah, saya ada waktu untuk menulis dan kali ini saya ingin bicara serius dengan kalian. Yap, tentang masa yang tentunya akan kalian lakukan nanti. Eits, bukan yang engga-engga ya, haha. Masa depan kawan.



     Bagi murid tingkat akhir nih, pasti pada galau yaa lulus mau ngapain? Kerja atau kuliah nih? Saya bantu jawab ya, ini hanya pendapat saya jadi kalian bisa bandingkan mana yang lebih baik. Tentu, saya tidak akan memberikan yang jelek, hehe. Jadi, kuliah itu bukan sesuatu keharusan, tapi pilhan agar kalian lebih mengenal dunia dan tentu pelajaran-pelajaran lainnya. Kalau bisa, yowis jalan aja, kalau nggak, jangan dipaksain. Kerja aja dulu, nabung biar bisa kuliah tanpa ngerepotin orang tua, mahal kawan.

     Bicara soal judul, peluang Anak SMK diterima di PTN dengan jalur SNMPTN gimana? Emang ada triknya? Oh ya, SNMPTN itu Seleksi secara nasional dengan merekap hasil transkrip nilai rapot kalian selama lima semester dan prestasi-prestasi kalian selama sekolah. Banyak dari alumni di sekolah saya sering bercerita dan dari itu saya meriset bahwa ada kemungkinan besar kita untuk diterima di PTN dari ceritanya tersebut. Mereka bilang, nilai bukanlah acuan diterimanya di PTN, hanya kalian harus mempertahankannya dan jangan sampai terjun sekali jika turun. Prestasi, tentu juga bukanlah suatu syarat kelulusan SNMPTN. Lalu, apa? Mereka bilang itu suatu keajaiban, keberuntungan. Agak sedikit ganjel sih, haha. Ternyata, lebih dari 70% alumni di sekolah saya yang diterima SNMPTN itu berada di PTN yang sama. Apakah kalian sadar? Rekap alumni itu bisa menambah kekuatan kalian diterima di PTN dengan jalur tersebut, karena mungkin yah dari PTN-nya sudah mengenal alamater kalian, hehe. Dan untuk Prodi Desain dan Seni sendiri, syarat mengikuti jalur itu juga tergolong beda, setiap tahun pasti ada tes dan pelampiran portofolio. Tentu, untuk tes di bidang seni dan desain, bukan suatu masalah bagi kalian yang sudah kompeten di bidang Seni. Kalian SMK, kalian ahli, pasti itu hal yang mudah bagi kalian untuk menembusnya. Ayo! 

Baca juga: Kamu Lulusan Desain? Baca ini, Lengkap Prospek Kerja Cerah Untukmu!

     Walau tadi saya sempet bilang kalau nilai bukan acuan, bukan berarti kalian gak harus belajar ya. Inget, belajar bukan untuk apa yang kalian dapatkan, tetapi apa yang akan kalian berikan terhadap yang lain. Terus belajar dan jangan lupa untuk rajin-rajin mengontak alumni di PTN yang kalian ingin tuju, kalau ada sih, hehe. Semoga aja ada.

     Okeeey, sampai di sini dulu yaaa, saya ada kerjaan soalnya hehe. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan mengisi kolom komentar di bawah ya dan sabar menunggu balasan dari saya! Terimakasih.

1 comment:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]