Kunci Hebat Fotografer Mengambil Gambar dengan Tiga Komposisi Ini! - Blognya Abang Ilham Kunci Hebat Fotografer Mengambil Gambar dengan Tiga Komposisi Ini! - Blognya Abang Ilham

Post Page Advertisement [Top]


         Ketertarikan remaja menangkap momen dengan alat pengolah cahaya makin digemari sampai saat ini, sedari hanya berwarna hitam kelabu, hingga produsen yang kini memperbaharui teknologi milik mereka.

Dalam dunia kreatif, suatu batasan berekspresi bukanlah salah satu kewajiban bagi para kreatif untuk mengukir karya, hanya sebagai pondasi dan rem karya itu sendiri. Ibaratnya aturan, ya itulah batasan dalam dunia kreatif, bebas mengembangkan, tahan untuk berlebihan.

Pengambilan gambar sendiri, gak bisa asal main jepret seperti chat doi yang belum siap-siapnya, haha. Banyak kalangan fotorgapher, memakai teknik, aturan untuk mengambil gambar dengan tujuan gampang untuk dicerna pelihatnya. Dari mulai mereka memainkan saturasi, warna gradasi, subjek, dll. Dalam fotography ini biasa disebut komposisi, atau sebuah aturan, teknik, penguasaan pengambilan gambar untuk mendapat gambar yang memiliki arti tersendiri.

Nah, dari sekian banyaknya fotographer, inilah tiga komposisi yang biasa mereka gunakan:
  • Rule Of Third. Bisa dibilang ini adalah dasar, pondasi suatu gambar diambil menggunakan komposisi. Memanfaatkaan fitur grid yang terdapat dalam kamera, lalu menitik subjek/objek dalam grid itu. Kesan dalam komposisi ini terbilang biasa dan mudah diketahui, namun memiliki arti yang dalam setelah pelihat mengetahui apa yang fotographer sampaikan. Selain itu, komposisi ini juga bisa menarik mata para penglihatnya karena subjek/objek menjadi sesuatu yang mencolok.
         
  • Simetri. Artinya simetris, sama, kiri-kanan dong, hehe. Komposisi ini memainkan bentuk fisik suatu objek atau subjek, menyamakan kiri-kanan agar simetris di layar kamera.  Terkesan ramping, elegan, stastis, tentu sangatlah mudah untuk menyampaikan pesan tersirat.
         
  • Leading lines. Menggunakan elemen-elemen alami sebagai garis bantu untuk memainkan mata penglihatnya menuju subjek atau objek yang ingin disampaikan. Hasilnya sungguh menarik perhatian, dan tentu penglihatan kita akan dimainkan dengan garis bantu itu.
         


      Dengan memanfaatkan tiga komposisi yang biasa dipakai oleh fotographer professional, kalian juga harus mengembangkan teknik pengambilannya ya! Mengerti tentang lensa kamera, ISO, Sutter Speed, dll. Tentu, komposisi sebenarnya ada banyak dan menarik hati. Kalian juga bisa mencoba yang lainnya sebagai referensi dan jangan jadikan itu sebagai tiang penghambat berekspresi!


1 comment:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]