Mau PKL atau Magang? Baca nih Tips dari Bang Ilham - Blognya Abang Ilham Mau PKL atau Magang? Baca nih Tips dari Bang Ilham - Blognya Abang Ilham

Post Page Advertisement [Top]


Salam semua, produktif semua, kreatif juga! Gue Ilham dan kali ini mau ngebahas tentang PKL atau magang. Gue udah pernah buat post kalau gue diterima magang di kantor pemerintahan. Baca: Diterima Magang Bareng Wakil Walikota Bekasi! Nah, yang jadi masalah bagi kalian itu pasti informasi. Iya, ‘kan? Cara komunikasi ke kantor gimana sih? Apa-apa yang diperluin emang? Dan banyak lagi. Untuk kalian nih bre yang masih sekolah atau mungkin lagi tugas kuliah akhir, sedikit aja tips dari gue perisapan untuk PKL atau magang.

Satu. Lu harus siap mateng tentang tempat di mana lu akan magang, kalau bisa dua bulan sebelum waktu lu ditentuin PKL bre. Jadi, lu leluasa untuk kontak-kontakan dengan perusahaan/instansi tertentu. Ini juga tips jika nanti ada hal-hal yang gak lo inginin terjadi; yaa gak diterima. Seandainya nih, lo gak diterima, waktu lo itu masih banyak untuk cari lagi bre.

Dua. Tetapin lo mau jadi apa di sana. Fix, ini penting banget mengenai karir lo, bre. Lo mau jadi graphic designer, masuklah ke Branding Agency. Mau jadi motion graphic designer? Masuk ke industri animasi. Sesuain. Jangan pakai prinsip Dimana aja ah, yang penting dapet. Sumpah, waktu lo itu masih banyak buat nyari-nyari, bre. Indonesia luas. Jika pekerjaan lo itu sesuai sama minat dan bakat lo, gak diupah juga itu udah worth banget.

Tiga. Siapin CV dan Portfolio kalian. Nah, yang ini gak kalah penting juga. Lo mau di tempat yang keren, kan? Di tempat yang sesuai sama minat bakat? Eits, mereka juga harus liat seberapa keren diri lo. CV dan Portfolio berperan penting dalam diterima atau nggaknya lo, bre. Jadi, gue saranin nih bagi kalian yang masih kelas 10 atau yang belum magang, perbanyak produktif. Hasilin karya. Buat satu kantor terkejut.

 (Yep, Ini CV gue pas ngedaftar PKL.)

(Kalau ini Portfolio gue :).)

Empat. Bicara kompetensi, ini di luar. Agak sepele, tapi bisa jadi masalah. Yap, jarak. Lo harus bisa kondisiin jarak tempuh lo ke tempat magang tersebut, bre. Jangan sampai di tengah-tengah lo jadi males atau mungkin merasa lelah karena terlalu jauh di perjalanan. Mangkanya ini, poin satu sangat penting. Lo harus cari dari jauh-jauh hari dan buat planning yang cukup.

            Lima. Be creative, and always productive. Asli, semua perusahaan suka sama orang yang begini. Open-minded apalagi. Keluarin ide-ide lo, bre. Baik-keren, wah-biasa aja, itu urusan nanti. Yang terpenting, orang sana tau kalau lo itu berkualitas. Hilangin kebiasaan buruk di sekolah atau di lingkungan lo, adaptasi sama tempat baru. Jadikan itu sebagai hal baru yang harus lo ambil banyak pengalamannya.

            Akhir kata, selamat berjuang, bre. Kalau ada sesuatu yang mau ditanyakan, sisipkan aja di kolom komentar atau bisa langsung email gue lewat form di bawah. Jangan sungkan, gue suka bagi-bagi pengalaman, kok. Biar kita bisa saling membenahi diri agar lebih baik lagi.

            Salam kreatif, gue Ilham dan selamat tinggal. Thanks for reading, bre!


2 comments:

Bottom Ad [Post Page]