Pentingnya Prinsip dalam Desain Grafis Prinsip-Prinsip Desain - Blognya Abang Ilham Pentingnya Prinsip dalam Desain Grafis Prinsip-Prinsip Desain - Blognya Abang Ilham

Post Page Advertisement [Top]


Sebelumnya, gue Ilham dan selamat datang di website yang biasa ini haha. Okey, banyak banget nih orang-orang sampai bahkan tokoh terkenal bilang, “Prinsip adalah suatu yang penting, tapi dalam proses kreatif prinsip ada untuk dilarang.” Nah, loh. Gue mau pendapat aja nih, sebenernya sih gak ada salahnya juga, kenapa?

Prinsip, ibarat manusia, membutuhkan pedoman. Yaaa, itu lah gambarannya bre. Suatu prinsip dalam desain, tentu akan membuahkan positif terhadap desain kita. Bukan berarti tanpa prinsip, suatu desain gak bisa dikatakan desain, bre. Namun, bila dipakai, suatu desain akan terlihat lebih menarik dan mempunyai makna yang mudah dipahami.

Agar kalian paham, gue kasih contoh nih bre. Anggep lah, kalian punya toko terus kalian ingin menonjolkan atau menekankan suatu pesan, tapi malah


Naah. Sebenernya sih, gak ada yang salah ya bre haha. Cuma .. Jika lo mau nekenin lagi nih, bahwa dari toko lo itu harganya murah. Nah, apa lo udah bener nekeninnya bahwa toko lo itu lebih murah harganya? Kalau dikasih lagi begini gimana ..


Waaah. Apa impresi pertama kalian? Yaa! Tulisan “harga murah!” sangat mencolok dan mata langsung tertuju padanya. Yesss, kita sependapat. Begitu bre cara prinsip bekerja. Yang ini dinamakan Emphasis/Penekanan, kerennya sih point of interest. Jadi, kalian bisa menekankan suatu objek/teks dengan maksud memperkuat makna dari desain itu sendiri menggunakan prinsip itu bre. Tentu banyak banget caranya, untuk yang dicontoh itu menggunakan warna sebagai pembeda, dan tentu harus bisa menguasai harmoni warna ya hehe.


Gimana bre? Masih betah desain gitu-gitu aja? Apa orang bisa langsung paham maksud  lo atau pesan lo dalam desain? Yuk, buat desain lebih memiliki nilai estetika dan fungsional yang tinggi dengan prinsip-prinsipnya! Gue Ilham dan masih sekolah, jadi kalo ada yang salah bisa koreksi aja, hehe. Byeee!





No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]