Hai, hello bre braa. Gue lagi
ngerjain deadline kantor nih, eh tiba-tiba kepikiran kok kayak punya utang gitu
haha. Setelah dipikir lebih lanjut, oiya. Gue belum nge-post first impression
gue magang ya hehe. Okey deh, gue ceritain nih.
Maap banget yaa, baru sempet nih bre.
Rencananya mau buat post satu khusus buat hari pertama PKL gitu, cuma berhubung
gue kurang bisa ngebagi waktu buat bisa bareng lo, eh haha. Jadi susah gitu.
Nah, Alhamdulillah ini bisa. Tbh, gue nulis ini jam 11 malem hahaa. Okeyy,
lanjut aja yaa. Gue akan bahas semua selama seminggu ini, mulai dari first
impession, fasilitas, program kerja, waktu, dll.
Baik, gue Ilham dari SMK Negeri di
Kota Bekasi. Umurnya 17 tahun, cek aja IG-nya: m.illham_, hehe. So, gue mulai
PKL di Walikota Bekasi itu tanggal 3, tepatnya Senin, minggu setelahnya gue
ngelaksanain UAS. Pas lagi remed-remednya tuh, haha.
Di atas itu gedung Walikota Bekasi,
gue kerja di sana bre, bagian Desain Grafis. Sebelum masuk ke program kerja,
bahas dulu yuk kegiatan gue di hari pertama. Jadi, pas banget gue sampe kantor,
langsung disuruh tunggu di ruang Wakil Walikota Bekasi buat nunggu semua tim
kumpul gitu, bre. Setelah itu, diarahin lagi ke ruang(Kayaknya sih
administrasi/data gitu, banyak berkas sama komputer). Gak lama, Wakil Walikota
Bekasi, Bapak Tri Adhianto keluar dari ruangannya terus nyapa. Beliau waktu itu
ada kegiatan untuk berpartisipasi dalam rangka memperingati hari disabilitas
nasional di Summarecon Bekasi. Lanjut, gue diarahin lagi ke ruang kosong gitu,
agak kusam sih katanya jarang dipake. Beliau bilang ruangannya dipake aja buat
kerja. Di ruang itu, ada tiga bagian gitu bre, yaa gampangnya sih kamar. Ada
tiga pintu.
Nah, itu ruang buat rapat. Di hari
pertama, serius. Bosen banget bre. Ini first impression gue PKL. Ntah kah di
Pemerintahan atau di Industri itu sama atau gimana, kurang tau sih waktu itu.
Daripada diem aja gitu, yaa bicara-bicara basi lah sama rekan kerja tiga bulan
ke depan gitu kan haha. Gak lama nih, pembimbing dateng, dia ngasih briefing buat
besok dan satu minggu ini sih. Setelah briefing selesai, bebas tuh. Gue sama
yang lain mulai deket gitu, terus muter-muter keliling gitu bre satu kantor
haha. Luas. Ada taman sama kolam renang juga. Daaan, itu sih di hari pertama
yeee. Sumpah, bosen gile.
Lanjut, kita masuk ke program kerja
nih, bre. Alhamdulillah udah mulai berjalan dan siklus tidur gue jadi ancur
nih, haha. Sumpah, gue nulis sambil nguap berkali-kali ini. Jadiii, hari kedua
dan ketiga itu gue diberi kepercayaan untuk me-redesign banner Bus Transpatriot
dengan gaya desain kekinian gitu, terus ditaruh di media sosial Kota Bekasi.
Kayaknya sih ini masih internal sifatnya, tapi kurang tau juga deh. Masa sih
baru satu hari, udah berani keluar gitu. Banner-nya itu landscape bre, terus
panjang banget. Soo, kata maaf dalam laut, gue gak bisa hehe. Sebagai gantinya,
gue kirim kerjaan yang lain aja yaa.
Hueheuheee. Itu salah satu kerjaan
gue, bre. Sesuai banget sama passion bakat gue, hehe. Seneng banget sih disuruh
buat ini-itu yang bener-bener itu hobi gue. Apalagi di sana itu orangnya ngerti
desain, jadi direvisi itu nambah banget pengetahuan gue. Seneng asli. First
impression itu langsung ilang. Yaa, walau agak kewalahan sih, tapi seneng
bangeeet bre. Yah, satu minggu gue total project gue itu terhitung ada lima.
Setiap hari pasti ada aja. Satu nambah pas hari Minggu tuh, gue disuruh buat
banner untuk Hari Anti Korupsi Sedunia. Soo, untuk minggu-minggu kemarin, gue
diberi kerjaan untuk ngurus promotion design.
Ngomongin fasilitas sama benefit nih,
hehe. Untuk fasilitas, serius ini mantab bener. Ruangan punya sendiri, AC ada,
dispenser ada buat minum lah jelas ya, haha. Laptop, PC, kamera digital SLR,
banyak lagi deh. Gak keitung. Namanya juga dipemerintahan ye, hehe. Terjamin.
Keinget sama PNS bre hahaha. Oiya, di sini juga ada masjid lho, gue biasa
ibadah di sini dah sedikit santai-santai kalau udah selesai.
Benefit nih, hmmm. Soal uang sih, gue gak
terlalu mentingin banget sih ya, dikasih Alhamdulillah, gak ya resah haha. Gak,
bercanda bre. Iya. Jadi, gue udah bisa gunain waktu PKL sebaik-baiknya aja itu
udah cukup. Buat makan sih, Alhamdulillah. Orang kantor baik banget. Gue dapet
makan diwaktu istirahat setelah ibadah. Uang transport? Dapet kok, Alhamdulillah.
Dan, dari pihak sananya itu bilang setelah lulus dapet sertifikat dari
pemerintah gitu, waaah.
Bicara jam kerja, ini sama aja sih
kayak perusahaan umumnya gitu. Dari jam 08.00 sampe 17.00, bre. Cumaa, di sini
mah flexible. Jadi, gak harus banget pake banget harus dateng jam atau kurang
dari 08.00. Dari atasan, lebih mentingin target gitu. Sek penting beres! Terakhir
gue pulang paling lama itu, jam 19.30. “Lah, lu ngapain bang? Perisapan
ngeronda?” Haaaa. Gile lo. Itu deadline yaa. Emang sih gue akui, kalau lagi
santai banget itu, bener-bener santai. Cumaa, kalau udah ada kerjaan, yaa buka
HP aja buat ngebales chat doi gak bakal sempet. Apalagi mau sok puitis-puitis
gitu, pemborosan waktu ahahaha.
Di atas gambar gue
lagi mau nge-export banner, setelah revisi lima kali ahahahha. Gass teruss!
Dan gambar di atas, pas lagi
santai-santainya kerjaan kelar hahaha. Abis itu beli gorengan di luar pas lagi
hujan-hujannya, mantap betul haha. Penulis yang pakai kemeja putih, yang jelas
bukan yang pakai kerudung ya, bre hehe.
Okey, gue rasa udah cukup. Lumayan
detil kan ya? Haha. Gue mau tutup, sebelumnya mau ngasih kesimpulan dulu nih
ya, hehe. Lo magang/PKL, pentingin pengalamannya yee. Gunain waktu
sebaik-baiknya. Tiga bulan itu loh. Teruss, PKL tuh bener-bener kayak kerja ya.
Gak ada kata lo itu gak bisa, harus minta diajarin. Lo harus bisa mandiri,
belajar ya sendiri. Gak tau sih ya kalau di luar gimana, cuma di sini tuh ya
begitu. Mangkanya portfolio itu negdukung lo banget buat diterima. Itu jadi
tolak ukur perusahaan/instansi buat nerima lo.
Baik, mungkin segitu aja ya hehe.
Tingkat ngantuk gue udah mulai parah nih dan besok juga harus ke kantor pagi-pagi.
Kerjaan baru bree, masih anget ahahaha. Mantap ini. Okee, gue tutup. Salam
kreatif dan produktif, gue Ilham dan ini udah malem, jadi daaaaa!
No comments:
Post a Comment